WORKSHOP PENELITIAN ILMIAH CARA UBSI SUKABUMI MEMBEKALI MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Dalam rangka peningkatan dan pengembangan kapasitas dan kompetensi mahasiswa mengenai pengetahuan tentang tugas akhir dan skripsi, Fakultas Teknik dan Informatika Program Studi Sistem Informasi dan Ilmu Komputer UBSI (Universitas Bina Sarana Informatika) Kampus Sukabumi, menyelenggarakan kegiatan Workshop Penelitian Ilmiah, pada hari Rabu, 8 Januari 2020, bertempat di Aula UBSI Sukabumi.

Workshop tersebut diikuti oleh puluhan Mahasiswa Semester VII Jurusan Sistem Informasi dan Ilmu Komputer UBSI Sukabumi Jenjang S1, serta nara sumber yang menyampaikan materi dalam workshop tersebut, yakni Dosen UBSI Sukabumi yang kompeten dalam Bidang Penelitian Ilmiah, Andi Riyanto, S.E., M.M.

Kaprodi (Ketua Program Studi) Sistem Informasi UBSI Sukabumi, Agung Wibowo, S.T., M.Kom. dalam sambutannya mengatakan, workshop penelitian ilmiah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih kepada mahasiswa tingkat akhir, mulai dari penentuan metode penulisan dan sistematika penulisan, sehingga bermanfaat bagi para mahasiswa yang hendak menyusun tugas akhir dan skripsi. Selain itu, Kaprodi Sistem Informasi UBSI Sukabumi menghimbau kepada seluruh peserta, untuk bisa menyimak materi dengan baik, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam menyusun tugas akhir dan skripsi.

Sementara nara sumber, Andi Riyanto, S.E., M.M. mengungkapkan, bahwa riset dan inovasi merupakan skema penting dalam membangun kualitas suatu institusi serta SDM (Sumber Daya Manusia) di dalamnya. Luaran yang berbentuk tugas akhir dan skripsi, memberikan manfaat bagi masyarakat serta menjadi salah satu bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia. Disamping itu, melalui riset dan inovasi, juga dapat melahirkan gagasan-gagasan baru, salah satunya dapat dihubungkan dengan sektor usaha dan industri, serta dapat berdampak pada peningkatan daya saing ekonomi nasional.

Dalam pada itu, Mahasiswa Semester VII Jurusan Sistem Informasi, Abdul Ujud Ilyas menyampaikan pertanyaan tentang bagaimana melakukan riset yang baik, dan apakah masalah dapat ditemukan pada saat riset? Dikatakannya, mahasiswa sebagai agen of change dalam pembangunan nasional, mempunyai peran sebagai agen perubahan dalam pendidikan, pembangunan ekonomi, pemberdayaan sosial, pengabdian masyarakat dan yang lainnya. Peran nyata mahasiswa ini terealisasi dalam karya ilmiah yang dihasilkan, baik berupa tugas akhir, skripsi dan thesis maupun karya ilmiah lainnya. Untuk itu, mahasiswa harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam membuat karya ilmiah yang baik yang memenuhi kaidah dan etika keilmuan.

Dikatakan pula, dalam jenjang pendidikan S1, para mahasiswa UBSI Sukabumi tentu harus menulis karya ilmiah, sebagai salah satu persyaratan kelulusan. Selain itu juga dikatakan, dengan dlaksanakannya workshop ini, dapat memberikan ilmu sekaligus bekal untuk para mahasiswa tingkat akhir UBSI Sukabumi, dalam menyelesaikan tugas akhir menyusun skripsi, serta mendapatkan nilai dan predikat yang diharapkan.

Leave a Reply