BERBAGAI PEMBANGUNAN DI KELURAHAN CITAMIANG PADA TAHUN 2019 BERJALAN LANCAR

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Berbagai pembangunan baik fisik maupun non fisik, di Kelurahan Citamiang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, pada tahun 2019 berjalan lancar. Adapun pembangunan fisik, seperti diungkapkan Lurah Citamiang, Asep Sobaryaman, S.H., antara lain melalui program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) berupa pembangunan 10 septic tank komunal, 6 SAB (Sarana Air Bersih) dan 4 saluran drainase di wilayah RW 3 dan RW 7, dengan kucuran dana sebesar Rp. 1 milyar.

Selanjutnya P2RW (Program Pemberdayaan Rukun Warga) di 7 RW masing-masing sebesar Rp. 20 juta, dengan dana swadaya murni masyarakat bervariasi, yakni antara 7 juta sampai dengan 10 juta rupiah. Selain itu juga dilaksanakan perbaikan gorong-gorong dan jalan, menghabiskan dana swadaya murni masyarakat Rp. 5 juta.

Untuk itu, Lurah Citamiang mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi, baik berupa moril maupun materil dalam pembangunan tersebut, seraya mengharapkan, agar partisipasi masyarakat tersebut senantiasa dilakukan sekaligus ditingkatkan dan dikembangkan dalam pembangunan lainnya.

Kemudian Dana Kelurahan sebesar Rp. 352 juta, digunakan pembangunan fisik berupa talud dan gang, serta pembangunan non fisik. Diantaranya Bimtek (Bimbingan Teknis) PKK Tingkat RW, Bimtek PKK Tingkat Kelurahan, Pelatihan Keterampilan Tata Rias, Pembinaan kepada RW dan RT, Lomba Administrasi RW dan RT, Roadshow dan Sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) ke setiap RW dan RT, serta Pelatihan Linmas (Perlindungan Masyarakat).

Menyinggung pembangunan yang akan dilaksanakan, menurut Lurah Citamiang, yakni perbaikan 20 unit Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) se Kelurahan Citamiang. Diharapkannya, pembangunan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai harapan semua pihak.

Leave a Reply