LAUNCHING PAKET KEBIJAKAN SANITASI KOTA SUKABUMI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, melaunching GESIT PISAN (Gerakan Sukabumi Tuntaskan Pengolahan Air Limbah Domestik dan Sampah Berkelanjutan) pada hari Senin, 13 Januari 2020, di Hotel Maxone Kota Sukabumi. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, BAPPEDA Provinsi Jawa Barat, unsur Komunitas dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi menandaskan, sanitasi merupakan pekerjaan rumah bagi berbagai kota di Indonesia. Sanitasi harus dibangun dalam rangka mewujudkan  hidup sehat dan bersih, sehingga Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan paket kebijakan yang disebut dengan GESIT PISAN (Gerakan Sukabumi Tuntaskan Pengelolaan Air Lombah Domestik dan Sampah Berkelanjutan) yang terdiri dari mewujudkan Cipelang Herang (Penataan Sungai Cipelang Hejo Alamna Raos Tempatna Ngagenclang Caina).

Kemudian paket KASIHKU (Kawasan Bersih Kota Sukabumiku), lalu perluasan TPA dan TPA bersama Kabupaten Sukabumi, penyediaan JAS NYAMUK (Jamban Sehat Nyaman Untuk Keluarga) dan PESAN DAKU (Pengelolaan Sanitasi dengan Dana Kelurahan).

Sementara itu Kepala Bidang Fisik BAPPEDA Kota Sukabumi, H. Imran Wardhani, menjelaskan bahwa tahun 2009 Pemerintah Pusat meluncurkan program percepatan pembangunan sanitasi  permukiman. Dijelaskan pula bahwa program ini merupakan program yang terintregrasi dengan pendekatan penyusunan dokumen perencanaan sanitasi sebelum dilaksanakan tahap inplementasi.

Sedangkan maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah pertemuan dan silaturahmi antara insan – insan penggerak pembangunan sanitasi di Kota Sukabumi, sosialisasi dan kampanye paket – paket kebijakan pembangunan sanitasi  di Kota Sukabumi serta menghimpun kekuatan bersama masyarakat untuk mewujudkan sanitasi yang berkelanjutan.

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan oleh Wali Kota Sukabumi beserta dengan tamu undangan lainnya dalam rangka dukungan dan komitmen bersama mewujudkan paket Kebijakan GESIT PISAN.

Leave a Reply