MASALAH SANITASI BERKAITAN ERAT DENGAN SIKAP DAN INFRASTRUKTUR

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, masalah sanitasi berkaitan erat dengan attitude atau sikap dan infrastruktur. Oleh karenanya, masalah sanitasi ini perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, untuk merubah sikap dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya sanitasi.

Penandasan tersebut, disampaikan saat melaunching Paket Kebijakan Sanitasi Kota Sukabumi, pada kegiatan implementasi SSK (Strategi Sanitasi Kota) PPSP (Program Percepatan Sanitasi Permukiman), melalui program Gesit Pisan (Gerakan Sukabumi Tuntaskan Pengolahan Air Limbah Domestik dan Sampah Berkelanjutan), tanggal 13 Januari 2020, di Hotel Maxone Kota Sukabumi.

Sedangkan terkait percepatan infrastruktur untuk penuntasan sanitasi, harus dilakukan secara bersama-sama dan melibatkan semua pemangku kebijakan, sekaligus mengubah budaya masyarakat yang masih bermasalah dengan sanitasi.

Dikatakannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam menangani masalah sanitasi, pada tahun 2020 Pemerintah Kota Sukabumi mengajukan usulan paket yang sudah dan akan dilaksanakan yang diberi nama Gesit Pisan, untuk melakukan percepatan dan perbaikan sanitasi di Kota Sukabumi yang belum mencapai ideal.

Dikatakan pula, dalam program Gesit Pisan, ada 6 paket kebijakan yang digulirkan. Antara lain Cipélang Hérang (Penataan Sungai Cipélang Héjo Alamna Raos Tempatna Ngagenclang Caina). Selanjutnya Kasihku (Kawasan Bersih Kota Sukabumiku), Perluasan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sampah dan TPA Bersama Kabupaten Sukabumi, Penyediaan Jas Nyamuk (Jamban Sehat Nyaman Untuk Keluarga), Revitaliasi dan Optimalisasi IPLT (Instalasi Pengolahan Air Lumpur Tinja), dan Pesan Daku (Pengelolaan Sanitasi dengan Dana Kelurahan).

Selain 6 paket kebijakan tersebut, juga akan digalakkan edukasi dan sosialisasi tentang sanitasi kepada masyarakat dan pelajar, serta akan menggalakkan kegiatan Turbotik Asep (Tukar Botol Plastik untuk Arisan Septik Thank). Selanjutnya Pemerintah Kota Sukabumi akan mengajak kalangan Pesan Kami (Pengusaha Sanitasi Kota Sukabumi), dalam menangani masalah sanitasi.

Leave a Reply