PARA PENGUSAHA MENJADI BAGIAN PENTING DALAM PERCEPATAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, para pengusaha menjadi bagian penting dalam percepatan pertumbuhan ekonomi daerah, terlebih Kota Sukabumi memiliki potensi UKM (Usaha Kecil dan Menengah) serta ekonomi kreatif, yang mampu mendorong perkembangan ekonomi masyarakat. Penandasan tersebut disampaikan saat membuka Diklatcab (Pendidikan dan Pelatihan Cabang), Rakercab (Rapat Kerja Cabang) dan Forum Bisnis Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) BPC (Badan Pengurus Cabang) Kota Sukabumi, 24 Januari 2020, di Hotel Balcony Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, perwakilan Hipmi Provinsi Jawa Barat, serta para tamu undangan lainnya.

Dikatakannya, Hipmi bagian dari Pentahelix ABCGM, yakni Akademisi, Bisnis, Comunitas, Government dan Media), yang mampu melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya,  keberadaan Hipmi dapat memperkokoh ekonomi dengan inovasi yang dilakukannya. Namun hal tersebut harus ditunjang dengan potensi UKM dan ekonomi kreatif, yang menjadi bagian dalam meningkatkan kualitas pengusaha.

Dikatakan pula, ketahanan nasional sangat tergantung kepada situasi ekonomi. Selain itu juga dikatakan, ketika ekonomi bangsa baik dan berkembang yang ditandai oleh para pengusaha aktif, maka secara otomatis angka pengangguran berkurang dan angka kriminalitas juga berkurang. Diharapkannya, para pengusaha harus terus aktif membuat inovasi, supaya ekonomi dapat tumbuh dan berkembang.

Selain itu, perkembangan teknologi juga harus dimanfaatkan secara maksimal, dalam rangka percepatan pembangunan ekonomi. Dijelaskannya, Kota Sukabumi memiliki banyak potensi dan sesepuh pengusaha. Oleh karenanya tidak ada alasan bagi Hipmi lambat melakukan pergerakan. Dijelaskan pula, berbagai sarana dan potensi dapat dimanfaatkan secara optimal, dengan cara berkolaborasi bersama seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan instansi terkait, termasuk dengan seluruh elemen masyarakat.

Leave a Reply