KEGIATAN APRESIASI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI

Reporter : MUTIARA CENDEKIA SANDYAKALA

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Mahasiswa Program Study Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi mengadakan kegiatan tahunan yang diberi nama AMPIBI (Apresiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi) yang merupakan wujud kegiatan dedikasi mahasiswa kepada masyarakat.  Kegiatan ini telah resmi dibuka oleh Dekan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) pada Senin 3 Februari 2020 di area lapang kampus UMMI. Dalam sambutannya, Dekan FKIP, ibu Sistiana Windyariani, M.Pd berharap pengkaderan kegiatan AMPIBI dapat terus berlanjut ke generasi selanjutnya.

Kegiatan AMPIBI adalah kegiatan unggulan Program Study Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang dimana tahun ini adalah tahun ke-13. Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas FKIP, Kaprodi FKIP, Ketua Himpunan FKIP UMMI, dan Ketua BEM FKIP UMMI.

Kegiatan AMPIBI berupaya untuk membantu dan mengembangkan program pemerintah  juga memberi motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan wawasan terutama di bidang kesehatan, lingkungan dan pendidikan, mempererat hubungan kekeluargaan mahasiswa dan masyarakat, dan mampu menjadi pelopor green generation yang sadar akan kondisi lingkungan. bentuk rangkaian kegiatan terdiri dari AMPIBI Religi, AMPIBI Education, AMPIBI Literation, dan AMPIBI Care yang didalamnya terdapat beberapa cabang perlombaan, diantaranya MSQ (Musabaqoh Syahril Qur’an), LCTB (Lomba Cepat Tepat Biologi), LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), juga kegiatan Donor Darah dan Konservasi Alam.

Manfaat dari kegiatan AMPIBI, menurut Ketua Program Study FKIP, Bilyardi Ramdan, S.Pd., M.Si yaitu mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat secara langsung dengan terjun langsung ke masyarakat dan dapat hidup berdampingan dengan lingkungan dengan mengusung 5R yaitu, Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Replant.

Leave a Reply