PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MEMILIIKI KETERBATASAN KEWENANGAN DAN ANGGARAN

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Pemerintah Kota Sukabumi memiliki keterbatasan kewenangan dan anggaran. Adapun mengenai keterbatasan kewenangan, sebagai salah satu contohnya tentang jalan, Pemerintah Kota tidak bisa memperbaiki Jalan Nasional dan Jalan Provinsi, karena kewenangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi.

Selanjutnya keterbatasan anggaran, Pemerintah Kota Sukabumi sangat bergantung dan senantiasa meminta dukungan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Sebab APBD (Anggaran Pendapaan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi sangat kecil, yakni hanya Rp. 1,3 trilyun, dan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi hanya Rp. 46 milyar. Dengan adanya keterbatasan tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi membutuhkan keterlibatan semua elemen masyarakat dalam pembangunan, karena Pemerintah Kota Sukabumi tidak mungkin membangun sendiri.

Penandasan tersebut disampaikan saat menghadiri Rakerda (Rapat Kerja Daerah) Ke1 Bang Japar (Kebangkitan Jawara dan Pengacara)  Presidium Daerah Sukabumi Raya, 1 Februari 2020, di Hotel Selabintana Sukabumi. Dalam Rakerda tersebut, dilakukan Pelantikan Pengurus Bang Japar Presidium Kecamatan se Sukabumi.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi atas nama Pemerintah Kota Sukabumi, sangat mendukung dan menyambut baik atas hadirnya Bang Japar Presidium Daerah Sukabumi Raya, sekaligus mengharapkan, agar senantiasa menjalin silaturahmi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi dalam pembangunan, termasuk dalam memberi advokasi kepada masyarakat pada saat terjadi permasalahan sosial. Yang tidak penting, Bang Japar juga harus berfungsi sebagai stabilisator bagi organisasi lainnya, untuk mendukung Kota Sukabumi yang Renyah (Religius, Nyaman dan Sejahtera).

Leave a Reply