WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI RAKORNAS PENANGGULANGAN BENCANA

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, mengikuti Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Penanggulangan Bencana, di SICC (Sentul International Convention Centre) Kabupaten Bogor, 4 Februari 2020, yang diselenggarakan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), dengan mengangkat tema, Penanggulangan Bencana Urusan Bersama Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita. Rakornas tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI, Jokowi.

Sedangkan peserta Rakornas tersebut, terdiri dari Kepala BNPB, Doni Munardo, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan para Gubernur lainnya, Seskab (Sekretaris Kabinet), Pramono Anung, para Bupati dan Wali Kota, para Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi, Kabupaten dan Kota,  para Petinggi TNI dan Polri, serta seluruh stake holder terkait.

Dalam sambutannya Presiden RI menjelaskan, kejadian bencana di Indonesia semakin meningkat. Hal tersebut tidak terlepas dari beberapa faktor, seperti perubahan iklim dan yang lainnya.

Untuk tu, dalam Rakornas tersebut disampaikan beberapa materi, diantaranya tentang manajemen kebencanaan, ancaman geologi dan vulkanologi, ancaman hidrometeologi, ancaman akibat limbah dan kegagalan teknologi serta yang lainnya.

Sementara Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, Rakornas ini untuk menyiapkan penanganan bencana, agar lebih sinergis dan terpadu, terutama dalam aksi kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, agar seluruh elemen masyarakat dan aparatur pemerintah, mempunyai kesadaran yang sama dalam mendukung aksi kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Leave a Reply