KOTA SUKABUMI DIJADIKAN PROYEK PERCONTOHAN NASIONAL PENINGKATAN TATA KELOLA JALAN DAERAH

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi menjadi salah satu dari dua daerah di Indonesia, yang dijadikan proyek percontohan nasional peningkatan tata kelola jalan daerah. Proyek percontohan nasional ini, merupakan hasil kerja sama antara Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). Untuk mewujudkan program tersebut, telah dilakukan work shop pertama, tepatnya tanggal 10 Februari 2020, di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Kepala Pusat Fasilitasi dan Infrastruktur Daerah Kementerian PUPR, Riono Suprapto, perwakilan JICA, Mr. Kawabata, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Sukabumi mengucapkan bersyukur, bahwa Kota Sukabumi terpilih menjadi salah satu dari dua daerah di Indonesia, yang dijadikan pilot project atau proyek percontohan nasional tata kelola jalan daerah, dalam rangka memberikan dan meningkatkan pelayanan publik ke arah yang lebih baik lagi, sejalan dengan konsep smart city di Kota Sukabumi. Salah satunya pembangunan dan peningkatan kualitas jalan, sebagai urat nadi perekonomian dan kualitas hidup sebuah daerah.

Dijelaskannya, status jalan kota di Kota Sukabumi mencapai 149 ruas jalan dengan panjang jalan 115,74 kilo meter persegi. Dari jumlah ruas dan panjang jalan tersebut, yang masuk dalam kondisi mantap mencapai 98,68 kilo meter atau 86,26 persen. Adapun kendala yang dihadapi Pemerintah Kota Sukabumi, yakni banyak kendaraan overload atau kelebihan beban, seperti truk pengangkut pasir dan yang lainnya, serta memperlukan adanya jalan alternatif di daerah utara Sukabumi. Sedangkan untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi sangat memerlukan perhatian dan dukungan dari pemerintah pusat, seperti dukungan anggaran dan yang lainnya.

Leave a Reply