APARAT KEPOLISIAN AKAN MENINDAK TEGAS AKSI KEKERASAN

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi beserta seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait dan perwakilan elemen masyarakat, baru-baru ini melaksanakan Rakor (Rapat Koordinasi), membahas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Sukabumi, di Operation Room Setda Kota Sukabumi, sekaligus menyikapi kasus kekerasan yang dilakukan oleh geng motor beberapa waktu yang lalu.

Hadir pada rakor tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo, Kasdim 0607 Kota Sukabumi, Mayor Chb. R. Khoirullah, perwakilan Kejaksaan Negeri Sukabumi dan Pengadilan Negeri Sukabumi, para Kepala SKPD terkait, MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi, tokoh agama, pemuda, mahasiswa dan masyarakat. Dalam Rakor tersebut, dilaksanakan penandatanganan deklarasi bersama anti kekerasan di depan Balai Kota Sukabumi.

Selain itu, dalam rakor tersebut ada enam kesimpulan yang disepakati, pertama aparat kepolisian akan menindak tegas aksi kekerasan, terutama yang dilakukan oleh geng motor, kedua Ormas dan elemen masyarakat beserta pemerintah bersama-sama memberikan edukasi dan pencegahan aksi kekerasan seperti geng motor, serta ketiga mewasapadai hoaks dan provokasi di media sosial.

Selanjutnya keempat penggunaan teknologi seperti pemasangan kamera CCTV di setiap pintu masuk atau titik keramaian, kelima peristiwa atau kejadian sekecil apapun di wilayah harus dilaporkan kepada aparat, dan keenam media massa diharapkan menyampaikan informasi dalam bentuk pemberitaan secara bijak, sesuai dengan kaidah jurnalistik yang ditetapkan.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo menandaskan, polisi akan melakukan tindakan tegas dan terukur, ketika ada aksi kekerasan yang mengancam warga. Ditandaskan pula, selama ini sudah dilakukan upaya pencegahan, dengan melakukan patroli ke sejumlah titik. Ke depan polisi akan meningkatkan patroli, yakni patroli gabungan dengan seluruh aparat keamanan.

Leave a Reply