KUNCI PERTAMA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENDAPATKAN LPPD YANG BAIK

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menegaskan, kunci pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah)  yang baik, yakni para Pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) harus dapat memahami dengan benar, terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan LPPD. Selain itu, juga harus menyiapkan dan penyajikan seluruh data pendukung, yang sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Penegasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka Bimtek (Bimbingan Teknis) Penyusunan LPPD Kota Sukabumi Tahun 2020, tepatnya tanggal 12 Februari 2020. Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M. Sedangkan nara sumber dalam bimtek tersebut, yakni Direktur Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi mengharapkan kepada semua peserta bimtek, agar dapat menyimak, memahami dan mengerti terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan penyusunan LPPD. Dikatakannya, apabila Penyusunan LPPD ini diproses sejak awal dan dilakukan dengan baik, mulai dari perencanaan, penganggaran dan pelaksanaannya, maka LPPD-nya juga akan baik. Dikatakan pula, LPPD yang baik sangat terkait dengan pelayanan kepada masyarakat, serta harus terus ditingkatkan kualitasnya.

Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan kepada seluruh peserta bimtek, apabila pada tahun lalu LPPD Kota Sukabumi berada di peringkat 15 besar dari 90 Kota se Indonesia, pada tahun ini harus bisa masuk 10 besar, bahkan apabila memungkinkan harus bisa masuk 3 besar.

Leave a Reply