KOPDAR PROVINSI JAWA BARAT UNTUK MELAKUKAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAERAH

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Kopdar (Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Umum Daerah) Provinsi Jawa Barat pertama tahun 2020, untuk melakukan percepatan pembangunan daerah di berbagai bidang. Kegiatan tersebut dipimpin Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, tepatnya tanggal 13 Februari 2020, di Kabupaten Purwakarta.

Adapun para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, antara lain Bupati dan Wali Kota, Wakil Bupati dan Wakil Wali Kota, serta Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kota se Jawa Barat. Sedangkan dari Kota Sukabumi, selain Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. serta Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Eva Siti Rahmatillah, juga Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M.

Sementara tema Kopdar Provinsi Jawa Barat pertama tahun 2020, yakni Penegakan dan Pengawasan Pembangunan Daerah, dengan menghadirkan nara sumber dari Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Maksud dan tujuanna, agar pembangunan di daerah Jawa Barat dapat dilakukan maksimal khususnya dalam penyerapan anggaran. Selain itu juga untuk menigkatkan proses pengawasan dan pembangunan di daerah Jawa Barat, supaya sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

Gubernur Jawa Barat mengatakan, beberapa waktu yang lalu sudah diumumkan hasil evaluasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) oleh KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi). Rata-rata daerah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat mendapat nilai B dan BB. Perolehan nilai tersebut menjadi bekal ke depan, agar setiap daerah di Jawa Barat bisa memperoleh nilai A. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).

Leave a Reply