PEMBUKAAN ACARA PEMBINAAN MINAT BACA BAGI SISWA SMK

Reporter : MUTIARA CENDEKIA SANDYAKALA

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, membuka acara Pembinaan Minat Baca Bagi Siswa SMK di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, pada hari Selasa, 18 Februari 2020. Acara pembinaan minat baca bagi siswa SMK ini diadakan oleh DISPUSIP (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah) Kota Sukabumi. Acara ini dihadiri oleh Bunda Literasi Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi,  dan 400 Pelajar SMK se – Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi berharap melalui budaya literasi masyarakat semakin cerdas dan meningkat dari sisi kualitas sumber daya manusia. Menurutnya bahwa jalan yang paling efektif membangun budaya literasi adalah memanfaatkan keluarga dan pendidikan formal.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dan kolaborasi antara pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Sukabumi dengan TP – PKK, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat, dan Sahabat Geulis Kota Sukabumi.  Kegiatan ini juga merupakan salah satu progress dalam pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan, bertujuan untuk mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar, serta dapat melahirkan para pelajar yang menjadi pelopor untuk menyebarkan minat baca dalam entitasnya yaitu sekolah maupun himpunan sosial lainnya. Dalam waktu dekat ini, yaitu 25 Februari 2020 akan dilaksanakan kegiatan sejenis dengan sasaran para pelajar Madrasah Aliyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, Drs. H. G.M. Sukarman, M.Pd., menjelaskan bahwa kolaborasi yang dilakukan untuk memberikan kontribusi terhadap pencapaian visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota yaitu terwujudnya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera dan sesuai misi yang pertama yaitu mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, dan berbudaya serta memiliki kesetiakawanan sosial yang tinggi berbasis ketahanan keluarga.

Leave a Reply