RAPAT KOORDINASI DAN  SOSIALISASI PENGELOLAAN SUPER DAN E-LAPOR

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pengelolaan Aplikasi Super dan E-Lapor pada hari Rabu, 19 Febuari 2020, di Hotel Horison Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, serta para pejabat penghubung pengelola aduan dari setiap SKPD.

Dalam sambutanya Plt. Kepala Dinas Kominfo, Ir. H. Cecep Mansur, M.M., menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pengelolaan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Super dan e-Lapor. Penggunaan kedua aplikasi ini sangat bermanfaat karena mempercepat penyelesaian setiap aduan yang muncul di masyarakat.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan, Dhea Noor Kumala, S.H., menjelaskan bahwa dengan adanya rapat koordinasi ini, para pejabat penghubung di setiap dinas dan instansi dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga terjalin komunikasi dua arah antara pemerintah dengan masyarakat yang semakin erat. Kegiatan ini diisi dengan pemaparan dua narasumber yakni Kepala Bidang Infrastruktur TIK, Persandian dan Integrasi Data Dinas Kominfo, H. Yuli Noviawan, ST, M.T, serta Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik dan Statistik Dinas Kominfo, Tantan Sontani, S.IP, M.Si.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Sukabumi, menyerahkan piagam penghargaan kepada SKPD pengelola aduan terbaik yang terdiri dari kategori Koordinasi dan Diseminasi Pengelolaan Pengaduan yang diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Perumda AM Tirta Bumi Wibawa, dan Kecamatan Warudoyong.

Adapun untuk kategori Pengelolaan aduan dengan tindak lanjut lapangan diraih oleh Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP, dan Dinas PUPRPKPP. Sedangkan untuk kategori respon dalam menjawab pengaduan diraih Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan BPBD Kota Sukabumi. Sementara penghargaan khusus diberikan kepada Kantor Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayanan II Provinsi Jawa Barat sebagai mitra dalam pengelolaan pengaduan masyarakat.

Leave a Reply