PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MELESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. menandaskan, program Adiwiyata adalah salah satu program KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), untuk mendorong pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya melestarikan lingkungan hidup. Penandasan tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, dalam sambutan pada saat membuka Bimtek (Bimbingan Teknis) Program Adiwiyata, yang dilaksanakan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, di Hotel Horison Kota Sukabumi, 18 Februari 2020.

Selanjutnya Wakil Wali Kota mengharapkan, dengan dilaksanakannya program ini, setiap warga sekolah dapat terlibat dalam kegiatan sekolah, khususnya dalam menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif. Dijelaskannya, di Kota Sukabumi tidak sedikit sekolah yang telah mendapat penghargaan dan menyandang predikat atau status Adiwiyata Mandiri atau menuju Adiwiyata Mandiri.

Menurut Wakil Wali Kota, predikat tersebut bukan sekedar pengharagaan bagi prestasi yang diraih oleh sekolah, tapi sebagai wujud keikutsertaan sekolah dalam menyukseskan program pemerintah dalam pengelolaan lingkungan sekolah yang sehat, bersih, indah, hijau dan rindang, serta aman dan nyaman.

Sementara Kepala DLH Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si. menjelaskan, untuk mendapatkan penghargaan tersebut, sedikitnya harus mampu menerapkan empat indikator, yakni kebijakan sekolah berbasis lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, partisipatif berbasis lingkungan, serta sarana dan prasarana berbasis lingkungan. Disamping itu, pihak sekolah sebagai pengambil kebijakan, juga harus mampu membudayakan hidup bersih dan sehat, di lingkungan sekolahnya masing-masing.

Leave a Reply