TINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN TATA RUANG, DPUPRPKPP GELAR LOKAKARYA

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukimnan dan Pertanahan  (DPUPRPKPP) melaksanakan Loka Karya Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Tata Ruang pada hari Rabu, 26 Febuari 2020, di Hotel Maxone Bounty Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Ketua Komisi II DPRD Kota Sukabumi, dan tamu undangan lainya.

Dalam sambutan ketika membuka loka karya, Wali Kota Sukabumi menandaskan peran masyarakat dalam perencanaan tata ruang harus terus ditingkatkan. Untuk meningkatkan hal tersebut, masyarakat harus diberikan informasi mengenai rencana tata ruang. Loka karya ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebutuhan dan hak mereka berpartisipasi dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan dalam perencanaan tata Ruang.

Sementara itu Kepala DPUPRPKPP, Dr. Ir. H. Asep  Irawan, M.Sc., menjelaskan bahwa rencana tata ruang harus melewati uji publik dan secara legal mempunyai kekuatan mengikat sehingga proses pembangunan harus sesuai dengan rencana tata ruang yang telah ditetapkan agar tidak terjadinya ketimpangan dalam tata ruang.

Narasumber pada lokakarya ini adalah I Hendy Faizal MT., ARS sebagai praktisi bidang arsitektur. Kemudian Eggi Mochammad Iqbal S.ST, praktisi IT serta Weishaguna ST.,MM.,IAP Praktisi Pengembangan Wilayah dan Ketua Komunitas Wallagri.

Leave a Reply