TAMAN CIKONDANG KOTA SUKABUMI DIPERCANTIK DENGAN MURAL

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Taman Cikondang, Kelurahan Cikodang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, dipercantik dengan mural atau lukisan dinding, tepatnya pada tanggal 28 Februari 2020. Dengan demikian, taman yang berfungsi sebagai Ruang Terbuka Publik di Kota Sukabumi ini, semakin tertata serta lebih indah dan cantik.

Hal tersebut menjadi ajang kreativitas para pemuda sebagai generasi milenial, khususnya dalam menyalurkan bakat seni lukisnya. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi melakukan goresan pertama membuat mural, pada dinding tembok yang ada di Taman Cikondang.

Wali Kota Sukabumi,. H. Achmad Fahmi, didampingi Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si. menjelaskan, Taman Cikondang atau Ruang Terbuka Publik ini, yang awalnya kurang menarik menjadi lebih menarik dengan adanya mural. Dijelaskan pula, mural membutuhkan media khusus seperti dinding, tembok atau permukaan luas yang sifatnya permanen, tidak bisa dilakukan di tempat sembarangan.

Wali Kota Sukabumi mengharapkan, aksi mural ini menjadi kebiasaan atau budaya, bukan aksi corat-coret atau aksi vandalisme di dinding yang mengotori. Sebab mural adalah seni lukis di dinding atau tembok dan ada nilai estetikanya, sehingga masyarakat menyukainya, karena lingkungan dapat lebih menarik serta indah dan cantik.

Oleh karenanya, untuk membuat mural yang baik dan menarik, harus melibatkan para penggiat atau seniman mural dari Bandung dan para pelajar di Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, agar para pelajar dapat menanamkan kecintaan terhadap lingkungan dan kebersihan lingkungan.

Leave a Reply