PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD R. SYAMSUDIN, S.H. DIHARAPKAN DAPAT MENJAWAB KELUHAN MASYARAKAT

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pelayanan kesehatan di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, diharapkan dapat menjawab harapan dan keluhan masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis. Harapan tersebut disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat memberi sambutan sekaligus membuka acara Forum Perangkat Daerah RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, 3 Maret 2020, di Gedung Central Diagnostik RSUD tersebut. Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kota Sukabumi, Gagan Rachman, PLH (Pelaksana Harian) Direktur RSUD R. Syamsudin, S.H. Kota Sukabumi, Yanyan Rusyandi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan para tamu undangan lainnya.

Diharapkan pula, perencanaan di RSUD R. Syamsudin, S.H. harus dapat mengantisipasi perkembangan ke depan. Untuk itu, RSUD R. Syamsudin, S.H. harus rajin dan rutin melakukan evaluasi kinerja, karena pelayanan kesehatan senantiasa berkembang dari waktu ke waktu, serta tantangan ke depan akan terus bertambah, karena ekpektasi atau harapan masyarakat semakin besar.

Dikatakannya, meskipun pemerintah telah menyiapkan sarana dan prasarana, tapi masyarakat tetap berharap tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, evaluasi internal diharapkan dapat menjawab harapan dan keluhan dari masyarakat. Selain itu, perencanaan di RSUD R. Syamsudin, S.H. pada tahun 2021 mendatang, harus didasarkan pada hasil evaluasi internal, baik kekurangan maupun potensi yang dimiliki.

Selanjutnya perencanaan di RSUD R. Syamsudin, S.H. harus sejalan dengan visi misi Kota Sukabumi, serta harus selaras dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, dan RSUD R. Syamsudin, S.H. tidak bisa memiliki visi misi sendiri. Sebab RSUD R. Syamsudin, S.H. merupakan bagian keluarga besar Pemerintah Kota Sukabumi, serta harus senantisa berkoordinasi dengan kepala daerah.

Wali Kota juga mengharapkan, selain harus melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan kesehatan, RSUD R. Syamsudin, S.H. pun harus berkolaborasi dan berkoordinasi dengan RS (Rumah Sakit) lainnya.  Terlebih RSUD R. Syamsudin, S.H. ini merupakam RS Rujukan Regional.

Oleh karenanya, koordinasi dan percepatan komunikasi dengan RS lainnya harus senantiasa dilakukan, khususnya yang berkaitan dengan isu strategis. Adapun tantangan ke depan, sesuai dengan aturan, bahwa Rumah Sakit berada dibawah Koordinasi Dinas Kesehatan, dan pada tahun 2021 harus sudah dimulai. Namun untuk melaksanakannya tidak mudah, sebab membutuhkan proses sinkronisasi.

Leave a Reply