KEMENKOMINFO EVALUASI SMART CITY KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Mengukur progress pelaksanaan master plan Smart City, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, pada hari  Selasa dan Rabu, 3 dan 4 Maret 2020, melakukan evaluasi master plan Smart City di Kota Sukabumi. Evaluasi tersebut terdiri dari beberapa tahap diantaranya penilaian dan survey lapangan terhadap 6 pilar smart city. evaluasi ini dilakukan karena Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika sejak tahun 2017 telah memiliki rencana induk atau masterplan smart city.

Adapun 6 pilar smart city yang dinilai yaitu aplikasi Super sebagai aplikasi pengelolaan aduan masyarakat tentang layanan publik yang masuk dalam pilar Smart Governance. Kemudian Smart Branding dengan penilaian di tempat wisata pemandian air panas Cikundul. Sedangkan untuk Smart Economy yakni bantuan permodalan UMKM ke rumah jahe. Lalu Smart Living dengan objek penilaian Puskesmas 24 jam, layanan Ambulan Sigap dan layanan Home Care. Sementara perpustakaan keliling dan kotak literasi cerdas dinilai sebagai pilar Smart Society. Terakhir Smart Environtment dengan objek penilaian fasilitas daur ulang sampah di SMAN 3 Kota Sukabumi.

Melalui evaluasi ini, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, kemudian akan mengeluarkan berbagai rekomendasi mengenai penerapan master plan smart city di Kota Sukabumi saat ini serta langkah – langkah yang dibutuhkan dalam penerapannya di waktu yang akan datang. Dalam evaluasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI juga menggandeng pihak akademisi serta juga melibatkan berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Leave a Reply