RAPAT KOORDINASI PENGUATAN STBM

Reporter : MUTIARA CENDEKIA SANDYAKALA

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Rapat Koordinasi Penguatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dibuka oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi di Hotel Santika Kota Sukabumi pada Senin, 9 Maret 2020. Rapat tersebut dihadiri oleh 23 Komponen, diantaranya Pelaku Wirausaha Sanitasi Kota Sukabumi, Ketua Forum Sukabumi Sehat, Pengurus Kotaku Kota Sukabumi, Kapolresta Sukabumi Kota, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota berharap perilaku budaya atau attitude masyarakat harus dibangun, selain itu harus adanya kerjasama antar semua sektor terkait demi tercapainya universal access di Kota Sukabumi, juga dalam rangka percepatan penyampaian edukasi kepada masyarakat.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan untuk menurunkan kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku melalui 5 pilar STBM, antara lain tidak buang air besar di sembarang tempat dan mencuci tangan pakai sabun dengan benar. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk mewujudkan Kota Sukabumi ODF (Open Defecation Free) melalui 5 pilar STBM dan tercapainya Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera.

Dalam rapat tersebut juga dipaparkan Materi seputar STBM yang disampaikan oleh BAPPEDA Kota Sukabumi dan DINKES Kabupaten Bandung.

Leave a Reply