MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN KERJA PEMERINTAH DAERAH 2021

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sukabumi  (Bappeda) Kota Sukabumi  melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Sukabumi pada hari Rabu, 11 Maret 2020, di Hotel Horison Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Barat, unsur Forkopimda Kota Sukabumi, unsur masyarakat dan tamu undangan lainya.

Pada Musrenbang RKPD, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, menjelaskan tentang hasil inovasi pembangunan yang sudah tercapai di dalam masa jabatan Wali Kota – Wakil Wali Kota selama ini seperti Kelurahan Sport Centre, Sukabumi Kelurahan Enterpreneurship (Sukabumi Kece), layanan kesehatan Home Care dan Ambulan Sigap serta klinik sore. Wali kota juga menekankan bahwa proses pembangunan memerlukan kolaborasi antar semua pihak agar terjadi percepatan pembangunan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah selaku ketua pelaksana Kegiatan, Drs. H. Dida Sembada, M.M., menjelaskan  bahwa tema RKPD tahun 2021 adalah pemantapan kesejahteraan masyarakat dan penguatan daya  saing daerah. Sedangkan proritas pembangunan yang telah dirumuskan yakni peningkatan kualitas SDM, ketahanan keluarga dan sosial kemasyarakatan. Kemudian penataan infrastruktur dan tata kota dengan penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan dan pemantapan kesejahteraan masyarakat dan  penguatan daya saing ekonomi dan kualitas hidup.

Dalam Musrenbang RKPD, para peserta juga mengajukan beberapa usulan kepada Pemerintah Kota Sukabumi tentang penataan trotoar serta pengelolaan sampah. Usulan masyarakat juga dapat disampaikan secara online melalui tautan http://bit.ly/usulanmusrenbangkotsi.

Leave a Reply