WALI KOTA SUKABUMI MENGIKUTI RAKORTEKRENBANG REGIONAL II TAHUN 2020

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, mengikuti Rakortekrenbang (Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan) Regional II Tahun 2020, di Hotel Grand Aquilla Kota Bandung, tanggal 10 Maret 2020. Rapat tersebut diikuti oleh para Bupati dan Wali Kota, serta para unsur Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait se Regional II. Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemendagri (Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri) RI, Hadi Prabowo, Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, dan para tamu undangan lainnya.

Sekjen Kemendagri RI menjelaskan, urgensi Rakortekrenbang ini, sebagai upaya dalam melakukan sinkronisasi dan harmonisasi pembangunan daerah, khususnya yang terkait dengan perencanaan pembangunan tahun 2020-2024, dimana Presiden RI, Jokowi, dan Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, telah menyampaikan amanat, yakni 5 prioritas pembangunan. Amanat tersebut telah ditetapkan dalam Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 18 Tahun 2020, tentang RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) Tahun 2020-2024.

Sementara Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Rakortekrenbang ini merupakan bagian dari rangkaian aktivitas perencanaan tahunan, baik di pusat maupun di daerah. Adapun maksud dan tujuannya, yakni terbangunnya sinkronisasi rencana program dan kegiatan, antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, sebagaimana yang tertuang dalam RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) dan RKP (Rencana Kerja Pemerintah) Tahun 2021, dalam rangka mendukung pencapaian target pembangunan nasional.

Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dlaksanakannya rapat ini, bisa membawa perubahan atau angin segar dalam percepatan pelaksanaan pembangunan di daerah. Sebab program dan kegiatan yang dibuat daerah, tentu akan sinkron dengan program dan kegiatan pusat. (Sumber Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi).

Leave a Reply