DI KOTA SUKABUMI SUDAH ADA LAGI BIOSKOP

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Bagi masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya yang suka nonton layar lebar atau bioskop, tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota, karena di Kota Sukabumi pun sudah ada lagi bioskop, yakni Bioskop Moviplex Sukabumi, tepatnya di Jalan Bayangkara. Keberadaan bioskop tersebut sudah diresmikan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, tepatnya tanggal 13 Maret 2020, ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, adir HSekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Drs. Ayep Supriatna, M.M., Kepala Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si., dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi mengungkapkan, sejak tahun 1970-an sampai dengan tahun 1990-an, bioskop di Kota Sukabumi mengalami masa kejayaan, yakni ada 10 bioskop. Namun sejak tahun 1990-an, keberadaan bioskop di Kota Sukabumi mengalami penurunan, yang pada akhirnya di Kota Sukabumi tidak ada bioskop. Tapi setelah 19 tahunan tidak memiliki bioskop, Kota Sukabumi kini memiliki lagi bioskop.

Diharapkannya, keberadaan bioskop ini bisa menjadi obat rindu bagi masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya yang suka nonton layar lebar atau bioskop. Selain itu, juga dapat menjadi ruang ekonomi kreatif dan komunitas film, dalam berkarya dan berekspresi di dunia perfilman. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada pemilik dan pengelola Bioskop Moviplex Sukabumi, agar jangan hanya mementingkan unsur komersil saja, tapi juga unsur edukasi dan koloborasi dengan beragai pihak terkait, serta bagi para seniman, keberadaan bioskop ini harus bisa menjadi ikon.

Leave a Reply