TANGGAL 1 APRIL 2020 MERUPAKAN PERINGATAN HARI JADI KE 106 KOTA SUKABUMI

Oleh : ENDANG SUMARDI

Tanggal 1 April 2020 merupakan Peringatan Ke 106 Tahun Hari Jadi Kota Sukabumi, terhitung sejak didirikannya Gemeente Sukabumi, tanggal 1 April 1914. Namun dalam peringatan ke 106 tahun ini, tidak dilaksanakan kegiatan dan upacara seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Karena semua pihak, baik Aparat Pemerintah Kota Sukabumi maupun TNI dan Polri serta segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, sedang gencar mengantisipasi dan mencegah penyebaran Virus Corana atau Covid-19.

Dalam Peringatan Ke 106 Tahun Hari Jadi Kota Sukabumi ini, masih banyak masyarakat khususnya para remaja dan pemuda, yang belum mengetahui kapan Hari Jadi Kota Sukabumi pertama kali diperingati. Menurut sejumlah sumber, Hari Jadi Kota Sukabumi pertama kali diperingati tanggal 1 April 1970, atau pada peringatan ke 56, pada saat Wali Kota Madya Sukabumi, Saleh Wiradikarta, S.H.

Dilaksanakannya peringatan tersebut, setelah Wali Kota Madya Sukabumi, Saleh Wiradikarta, S.H., membentuk Panitia Hari Jadi dan Panitia Sejarah Kota Madya Sukabumi, yang tugasnya melakukan penelitian, untuk mendapatkan bahan-bahan yang dapat dijadikan landasan dalam menetepkan Hari Jadi Kota Madya Sukabumi.

Berdasarkan Keputusan DPRD Kota Madya Sukabumi tentang Penetapan Hari Jadi Kota Madya Sukabumi yang dituangkan dalam SK (Surat Keputusan) DPRD Kota Madya Sukabumi tanggal 18 Maret 1970, bahwa Peringatan Hari Jadi Kota Madya Sukabumi jatuh pada tanggal 1 April 1914. Setelah dikeluarkannya SK tersebut, maka pada tanggal 1 April 1970, untuk pertama kalinya dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Kota Madya Sukabumi.

Leave a Reply