PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MEMPERPANJANG MASA KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, memperpanjang masa kegiatan belajar di rumah hingga batas waktu yang belum ditentukan. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 421/307/Setdis P dan K/III/2020, tertanggal 28 Maret 2020, tentang Perpanjangan Masa Kegiatan Belajar di Rumah hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Surat Edaran tersebut sudah dikirimkan kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan, baik formal maupun non formal, dari mulai PAUD dan TK hingga SMP dan sederajat, di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama Kota Sukabumi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H. menjelaskan, Surat Edaran tersebut berisikan 5 poin, terkait antisipasi dan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19. Perpanjangan masa kegiatan belajar di rumah ini, akan dievaluasi setiap saat, sesuai dengan perkembangan Covid-19 di Kota Sukabumi.

Menyinggung ditiadakannya ujian nasional, ketentuan kenaikan kelas dan PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru), menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, mengacu pada Surat Edaran Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) Nomor 4 Tahun 2020. Surat Edaran Mendikbud ini, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan.

Selanjutnya mengenai penggunaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), harus mengacu pada peraturan yang berlaku, khususnya yang berkaitan dengan Covid-19. Selain itu, juga menunda berbagai kegiatan yang melibatkan orang banyak, baik di dalam maupun di luar instansi dan satuan pendidikan, seperti seminar, berkemah, studi wisata dan sebagainya.

Yang tidak kalah penting, seluruh stake holder pendidikan harus melaksanakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), diantaranya melalui pembiasaan dan pembudayaan mencuci tangan memakai sabun atau antiseptik lain pada air yang mengalir.

Leave a Reply