HARI JADI KOTA SUKABUMI PERTAMA KALI DIPERINGATI PADA TANGGAL 1 APRIL 1970

Oleh : ENDANG SUMARDI

Sejumlah sumber menjelaskan, Hari Jadi Kota Sukabumi pertama kali diperingati pada tanggal 1 April 1970, atau pada saat Kota Sukabumi genap berusia 56 tahun. Peringatan tersebut dilaksanakan pada saat Wali Kota Madya Sukabumi, Saleh Wiradikarta, S.H., setelah terbentuk Panitia Hari Jadi dan Panitia Sejarah Kota Madya Sukabumi, yang bertugas mengadakan penelitian untuk mendapatkan bahan-bahan yang dapat dijadikan landasan dalam menetepkan Hari Jadi Kota Madya Sukabumi.

Berdasarkan SK (Surat Keputusan) DPRD Kota Madya Sukabumi Nomor : 3/II/Kep/DPRD/1970 tertanggal 18 Maret 1970 tentang Penetapan Hari Jadi Kota Madya Sukabumi, yakni jatuh pada tanggal 1 April, sesuai dengan dibentuknya Gemeente Sukabumi tanggal 1 April 1914. Karena secara historis, Kota Madya Sukabumi merupakan kelanjutan dari Gemeente Sukabumi, serta setelah dikeluarkannya SK tersebut, maka pada tanggal 1 April 1970, Hari Jadi Kota Sukabumi untuk pertama kalinya peringati.

Sejalan dengan perkembangannya, pada saat Kota Madya Sukabumi telah tumbuh dan bekembang berbagai sarana sosial dan ekonomi serta transportasi, baik yang bersekala pelayanan lokal wilayah Kota Madya Sukabumi maupun regional. Hal tersebut mendorong Kota Madya Sukabumi dijadikan sebagai Pusat WP (Wilayah Pembangunan) Sukabumi, dengan wilayah pengaruhnya Kabupaten Sukabumi, melalui kota-kota seperti Palabuhanratu, Cisaat, Sukaraja, Cibadak, Cicurug dan Cikembar, yang berorientasi ke Kota Sukabumi.

Selain itu, Kota Madya Sukabumi dalam konstelasi regional, berada diantara bayang-bayang 2 kota besar, yakni Kota Jakarta dan Kota Bandung, memperlihatkan perkembangan kota dalam satu kesatuan dengan ke 2 kota besar tersebut. Dengan demikian, dalam kontek regional, Kota Madya Sukabumi berfungsi sebagai konter magnit ke 2 kota tersebut.

Leave a Reply