BANTU UMKM, ABCGM LUNCURKAN WEBSTORE

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Pendapatan UMKM selama masa pandemi covid – 19 mengalami penurunan drastis. Hal tersebut diungkapkan oleh Eko Pratama, Ketua ABCGM Kota Sukabumi, melalui hubungan telepon dengan Radio Swara Perintis Kota Sukabumi pada hari Kamis pagi.

ABCGM Kota Sukabumi melalui survey dampak pandemi covid -19 kepada 589 pelaku UMKM menyimpulkan bahwa masalah bagi para pelaku UMKM ditengah pandemi adalah jaringan pemasaran, distribusi barang dan pengadaan bahan baku. Selain itu, UMKM yang mengalami dampak paling berat adalah para pelaku UMKM di bidang kuliner. Dalam survey tersebut juga terungkap penurunan income para pelaku dapat mencapai 80 % dari biasanya.

Mengatasi hal tersebut, ABCGM Kota Sukabumi mengimbau para pelaku UMKM mengalihkan pola pemasarannya dari offline ke online. Untuk memfasilitasi  pemasaran online, ABCGM telah membuat webstore atau toko online bagi para UMKM di alamat www.pasarpelita.com . webstore ini disediakan untuk para pelaku UMKM baik Kota dan Kabupaten Sukabumi. ABCGM pun menyediakan kurir untuk mengantarkan produk kepada konsumen melalui webstore ini. Ia menambahkan bagi pelaku UMKM yang mau memasarkan produknya melalui webstore ini dapat menghubungi admin webstore tersebut.

Selain itu ABCGM yang ditunjuk sebagai salah satu crisis center UMKM ditengah pandemi covid – 19, menyediakan konsultasi bagi para pelaku UMKM agar dapat bertahan selama masa penanggulangan wabah covid 19. Selain merubah pola pemasaran menjadi online, bagi para pelaku UMKM juga diimbau membuat produk atau jasa lain yang dipandang dapat memberikan penghasilan ditengah pandemi covid – 19.

Leave a Reply