SELAMAT HARI HANSIP NASIONAL TAHUN 2020

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, dan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., mengucapkan Selamat Hari Hansip (Pertahanan Sipil) Tahun 2020, tepatnya tanggal 19 April 2020, atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Linmas (Perlindungan Masyarakat), seraya mengucapkan terima kasih telah menjadi pelindung bagi masyarakat Indonesia.

Wali Kota Sukabumi menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, bahwa Penyelenggaraan perlindungan masyarakat adalah pengorganisasian dan pemberdayaan perlindungan masyarakat.

Selanjutnya perlindungan masyarakat adalah suatu keadaan dinamis, dimana warga masyarakat disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan, untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, juga kegiatan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satlinmas, adalah organisasi yang dibentuk oleh Pemerintah Desa atau Kelurahan, dan beranggotakan warga masyarakat, serta Anggota Satlinmas adalah Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi persyaratan, dan secara sukarela turut serta dalam kegiatan perlindungan masyarakat.

Wali Kota Sukabumi mengatakan, peran Satlinmas dan Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) semakin strategis, dengan dimasukkannya urusan ketenteraman, ketertiban umurn dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan dasar, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Leave a Reply