KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI MENEMUKAN 1.231 SEBARAN KABAR HOAKS

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, hingga 20 April 2020, menemukan 1.231 sebaran kabar hoaks yang menyebar melalui berbagai platform digital seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.  Mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI telah berkomunikasi dengan berbagai platform digital tersebut untuk memutus penyebaran kabar hoaks.

Sementara itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi, hingga pekan keempat April 2020, menemukan beberapa kabar yang teridentifikasi hoaks mengenai covid – 19 di Kota Sukabumi yang menyebar di berbagai platform digital, diantaranya melalui aplikasi perpesanan Whatsapp. Untuk memutus penyebaran kabar hoaks tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi, telah melakukan upaya seperti menayangkan informasi berisi cek fakta yang berasal dari keterangan narasumber yang berwenang.

Oleh karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi, menghimbau masyarakat agar senantiasa bijak dalam menyikapi setiap kabar yang beredar dan diterima melalui berbagai platform digital. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi, mengingatkan agar terhindar dari kabar hoaks dapat dilakukan beberapa langkah seperti selalu memeriksa sumber satu informasi, tidak terprovokasi judul provokatif, memastikan kredibilitas satu sumber informasi, dan tidak mudah membagikan satu informasi tanpa mengecek keabsahan informasi tersebut.

Memutus penyebaran kabar hoaks, menjadi satu perhatian tersendiri dari WHO (World Health Organization). Bahkan berdasarkan juru bicara WHO, Fadela Chaib, untuk memutus penyebaran hoaks, pihaknya bekerjasama dengan berbagai platform digital dalam penanggulangan kabar hoax. Salah satunya melalui penyediaan tautan khusus mengenai covid – 19. Tautan tersebut akan mengarahkan para pengguna platform digital ke situs resmi WHO.

Leave a Reply