SISTEM PENYIMPANAN DOKUMEN KEARSIPAN DI KOTA SUKABUMI AGAR DIRUBAH KE SISTEM DIGITAL

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd. mengharapkan, sistem penyimpanan dokumen kearsipan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar dirubah ke sistem penyimpanan dokumen kearsipan digital, dengan menggunakan sarana elektronik. Karena sistem penyimpanan dokumen kearsipan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, hingga saat ini masih menggunakan sistem manual yang disimpan di gudang. Adapun maksud dan tujuannya, supaya dalam penyimpanannya lebih praktis, efektif dan efisien, serta tidak memerlukan tempat atau ruangan yang besar. Selain itu, juga dapat terhindar dari kerusakan, akibat lapuk dan terlalu lama disimpan di gudang.

Dijelaskannya, proses perubahan sistem penyimpanan dokumen kearsipan dari sistem manual ke sistem digital di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi ini, bisa dilakukan secara bertahap, serta bisa dipertanggungjawabkan. Dijelaskan pula, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan  proses perubahan sistem penyimpanan dokumen kearsipan dari sistem manual ke sistem digital ini, di Kota Sukabumi tidak akan mengalami kesulitan, sebab sarana elekronik khususnya komputer dan internet, sudah dimiliki oleh setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) hingga Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Wakil Walikota Sukabumi mengatakan, sistem penyimpanan dokumen kearsipan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, apabila dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia, sudah jauh tertinggal. Untuk itu, Wakil Walikota Sukabumi meminta kepada setiap OPD hingga Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar segera mempersiapkan dan melaksanakan sistem penyimpanan dokumen kearsipan dengan sistem digital, supaya lebih baik, praktis, efektif dan efisien, serta tidak memerlukan tempat atau ruangan yang besar. Sebab keberlangsungan pengelolaan pemerintahan, dalam setiap tahunnya harus didukung oleh sistem penyimpanan dokumen kearsipan yang baik dan memadai.

Disamping itu, Kota Sukabumi sudah dicanangkan sebagai Kota Smart City atau Kota Cerdas Sukabumi. Dengan demikian, berbagai hal termasuk sistem penyimpanan dokumen kearsipan di Kota Sukabumi, sudah berlaku secara digital dan terintegrasi secara menyeluruh. Berkaitan dengan hal tersebut, Wakil Walikota Sukabumi meminta kepada OPD yang menangani kearsipan di Kota Sukabumi, supaya dapat menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memadai dan profesional, melalui Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) atau Bimtek (Bimbingan Teknis) tentang administrasi dan sistem penyimpanan dokumen kearsipan digital.

Amplifier circuit