WALIKOTA SUKABUMI MENYATAKAN MERASA BANGGA DAN SALUT KEPADA TP PKK KOTA SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menyatakan merasa bangga dan salut kepada TP PKK Kota Sukabumi. Karena dengan biaya kecil, tapi TP PKK Kota Sukabumi mampu bergerak dan membina warga masyarakat Kota Sukabumi dalam berbagai bidang. Pernyataan Walikota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan pada Peringatan Ke 45 HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK Tahun 2017 Tingkat Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 3 Mei 2017, di Ruangan Pertemuan Gedung Sekretariat TP PKK Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, PKK bekerja sama dengan seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), khususnya dalam membantu merealisasikan berbagai program SKPD, supaya dapat segera disampaikan dan diaplikasikan di masyarakat. Namun demikian, hingga saat ini masih banyak warga masyarakat khususnya di Kota Sukabumi, yang belum mengetahui dan memahami fungsi dan peran PKK. Dijelaskan pula, PKK itu bukan kumpulan ibu-ibu kurang pekerjaan, tapi merupakan ibu-ibu yang sangat luar biasa. Sebab dapat mengabdikan dirinya kepada warga masyarakat dan pemerintah, sesuai dengan program dan kebijakan yang digulirkan oleh pemerintah. Untuk itu, Walikota Sukabumi mengharapkan kepada seluruh jajaran TP PKK di Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal membantu warga masyarakat dan keluarga di Kota Sukabumi, supaya kesejahteraannya dapat meningkat dalam berbagai bidang.

Sementara Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, S.E., mengaku bangga dan salut terhadap prestasi yang diraih oleh TP PKK Kota Sukabumi, yang dalam setiap tahunnya senantiasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Adapun prestasi yang baru-baru ini berhasil diraih oleh TP PKK Kota Sukabumi cukup banyak, diantaranya Ibu Lena terpilih menjadi Kader PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat, serta akan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti lomba di Tingkat Nasional. Selain itu, TP PKK Kota Sukabumi juga meraih gelar Juara Nasional B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) Aneka Ragam Bahan Pangan.

Dikatakannya, kendati anggaran TP PKK Kota Sukabumi ini sangat kecil, tapi prestasinya tidak kecil, yakni cukup banyak. Hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan bagi semua pihak, baik pemerintah maupun warga masyarakat, khususnya TP PKK Kota Sukabumi. Untuk itu, Ketua TP PKK Kota Sukabumi mengharapkan, seluruh program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh TP PKK Kota Sukabumi, ke depannya bisa masuk dan berprestasi di Tingkat Nasional.

Dalam pada itu, Sekretaris TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Farida Nasrulloh, selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Peringatan Ke 45 HKG PKK Tahun 2017 Tingkat Kota Sukabumi ini, diantaranya untuk memasyarakatkan Gerakan PKK, sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk rakyat, untuk meningkatkan pemahaman kepada seluruh jajaran TP PKK dan seluruh komponen warga masyarakat, tentang keberadaan, tujuan, program dan kegiatan TP PKK, dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya di Kota Sukabumi, serta untuk meningkatkan kesadaran dan motivasi kepada seluruh Anggota TP PKK dan Kader PKK termasuk warga masyarakat, agar lebih mengetahui serta mampu dan mau melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh TP PKK Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, Peringatan Ke 45 HKG PKK Tahun 2017 Tingkat Kota Sukabumi ini, diisi berbagai kegiatan dan perlombaan, diantaranya Lomba Kader PKK se Kota Sukabumi, Lomba Keanekaragaman Makanan Berbahan Baku Lokal Umbi-Umbian Khas Jawa Barat, Penampilan Angklung TP PKK Kota Sukabumi asuhan Ibu Yohana, dan Pemotongan Tumpeng Peringatan Ke 45 HKG PKK Tahun 2017 Tingkat Kota Sukabumi. Diharapkannya, berbagai kegiatan dan perlombaan yang dilaksanakan tersebut, ada manfaatnya bagi semua pihak, baik bagi pemerintah maupun bagi warga masyarakat, khususnya bagi TP PKK Kota Sukabumi.