PMI KOTA SUKABUMI SUSUN SOP KESIAPSIGAAN COVID – 19 DI KELURAHAN BAROS

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi melakukan penyusunan SOP (Standard Operating Procedure) Kesiapsiagaan covid -19 tingkat Kelurahan Baros pada hari Senin, 4 Mei 2020, bertempat di aula Kelurahan Baros. Hadir pada kesempatan tersebut Camat Baros, H. R. Drs. Samiarto ,.M.Si., Ketua PMI Kota Sukabumi, drh.H. Suranto Sumowiryo, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi.

Camat Baros menandaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran covid – 19 di wilayah Kecamatan Baros. Ia mengapresiasi penyusunan SOP kesiapsiagaan covid – 19 ini, apalagi karena Kelurahan Baros merupakan yang pertama dalam penyusunan SOP tersebut.

Sementara itu PMI Kota Sukabumi  menjelaskan SOP merupakan dokumen yang dibutuhkan sebagai panduan dalam kesiapsiagaan menghadapi covid – 19. Pihak PMI akan senantiasa mendorong Pemerintah menyusun SOP kesiapsiagaan menghadapi covid – 19 untuk mempermudah pelaksanaan penanganan.

Tujuan dari kegiatan ini selain penyusunan SOP  adalah meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana diantaranya gempa bumi dan pandemi pada komunitas perkotaan dengan peningkatan pengetahuan dan keterlibatan individu serta masyarakat. Kemudian untuk memperkuat kapasitas PMI Kota Sukabumi, serta memperluas kemitraan publik dan swasta.

Penyusunan SOP tersebut seperti diungkapkan oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, Akhmad Zulkarnaen, merupakan upaya untuk membentuk Kelurahan Tangguh Bencana apalagi Kecamatan Baros saat ini masih belum ditemukan kasus terkonfirmasi positif covid – 19.

Leave a Reply