WAKIL WALIKOTA SUKABUMI MEMBUKA PELATIHAN KEMANDIRIAN WARGA BINAAN LAPAS KELAS II B NYOMPLONG SUKABUMI

Reporter : ENDANG SUMARDI

Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., secara resmi membuka Pelatihan Kemandirian Warga Binaan Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II B Nyomplong Sukabumi, yakni Pelatihan Membuat Bakso, Abon, Menjahit dan Sablon, tepatnya hari Rabu, 3 Mei 2017, di Lapas Kelas 2 B Nyomplong Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait, Camat Warudoyong, Drs. R. Samiarto, M.Si., Lurah Nyomplong, Edi Sukarya, S.H., dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Sukabumi menandaskan, yang harus dilakukan oleh semua pihak, khususnya oleh para Warga Binaan Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi, yakni melakukan berbagai perubahan dalam berbagai bidang, dari mulai perilaku dan kehidupan, termasuk pengetahuan dan keterampilan serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, supaya kehidupan pada masa mendatang bisa lebih baik lagi, serta diridhoi oleh Alloh dan dicintai oleh segenap lapisan warga masyarakat.

Selain itu, Wakil Walikota Sukabumi menyambut baik dan memberikan apresisasi yang tinggi kepada pihak Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi, yang telah membuat kembali sebuah inovasi yang sangat luar biasa, berupa Pelatihan Kemandirian Bagi Warga Binaan Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi, yakni Pelatihan Membuat Bakso, Abon, Menjahit dan Sablon.

Dijelaskannya, sistem pemasyarakatan bukan sistem balas dendam, untuk membuat jera atau tobat seseorang, melalui sistem atau jalur kekerasan, akan tetapi memberikan pembinaan serta bekal pengetahuan dan keterampilan, sesuai dengan fungsi Lapas yakni memanusiakan manusia. Untuk itu, Wakil Walikota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya Pelatihan Kemandirian ini, Warga Binaan Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi dapat menjadi sosok manusia yang siap tampil dan percaya diri, pada saat kembali ke masyarakat.

Sementara Kepala Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi, Darwis H., A.Md.IP., S.Sos., M.Si. menjelaskan, jumlah peserta yang mengikuti Pelatihan Kemandirian ini, seluruhnya mencapai 120 Orang Warga Binaan Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi. Sedangkan dilaksanakannya Pelatihan Kemandirian ini, dalam rangka memperingati Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) Tahun 2017, tepatnya yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2017.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan ini, diantaranya untuk merubah persepsi warga masyarakat kepada warga binaan, serta warga binaan bisa diterima kembali di lingkungan masyarakat, yang telah mempunyai bekal pengetahuan dan keterampilan dari Lapas, untuk diterapkan sekaligus ditingkatkan dan dikembangkan kembali di lingkungan masyarakatnya masing-masing.

Kepala Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi mengharapkan, Warga Binaan Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi, bisa merubah sikap dan pola pikir yang negatif, serta dapat berusaha dan berproduksi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya, dengan memanfaatkan bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat dari Lapas Kelas II B Nyomplong Sukabumi.