RW 06 KEL. JAYAMEKAR MILIKI PROGRAM UNGGULAN DALAM PENANGANAN COVID – 19

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dalam penanggulangan covid – 19, Pemerintah Kota Sukabumi, membentuk Kelurahan Kreatif Siaga Covid – 19. Salah satunya adalah Kelurahan Kreatif Siaga covid-19 di Kelurahan Jaya Mekar yang telah membentuk RW kreatif siaga covid – 19.

Seperti dijelaskan Lurah Jaya Mekar, H. Padlan, S.IP., menjelaskan bahwa telah dibentuk  7 RW kreatif siaga covid – 19 diwilayahnya. Mereka memiliki tugas dan fungsi diantaranya mendata warga pendatang dari zona Merah serta melakukan pelaporan ke puskesmas terdekat. RW kreatif siaga covid – 19 diantaranya beranggotakan posyandu, para tokoh agama, serta Linmas. Lurah Jaya Mekar menyebutkan salah satu RW Kreatif Siaga Covid – 19 yang menjadi percontohan diwilayahnya adalah RW 06. Karena mampu menyediakan mobil Siaga Warga, dan program beras perelek dalam penanggulangan covid – 19.

Seperti dijelaskan oleh Ketua RT 01/06 Kel. Jayamekar, Fachrudin,  mobil siaga warga merupakan hasil donasi para masyarakat RW 06. Donasi tersebut dikumpulkan selama 15 bulan dan setiap KK menyumbang Rp. 1.000 per hari. Mobil siaga warga difungsikan untuk membantu warga sekitar yang membutuhkan.

Sedangkan program beras perelek, seperti dijelaskan Ketua karang Taruna Kelurahan Jaya Mekar, Iyus Yuswandi, bahwa beras dikumpulkan oleh warga  RW 06 khususnya RT 01 dan 02, dengan cara menyimpan beras sekitar 1 sendok makan pada tempat yang telah disediakan didepan rumah masing – masing warga. Petugas Karang Taruna kemudian akan mengumpulkan dan hasil pengumpulan tersebut dibagikan kepada warga yang membutuhkan diantaranya warga yang terdampak ekonominya karena covid – 19.

Leave a Reply