SELURUH PELAJAR KELAS 9 SMP DAN MTS SE KOTA SUKABUMI SAAT INI SEDANG MENGIKUTI UNBK TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seluruh Pelajar Kelas 9 SMP dan MTs se Kota Sukabumi, saat ini sedang mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) Tahun 2017. UNBK SMP dan MTs yang djadualkan berlangsung selama 4 hari, tepatnya dari tanggal 2 sampai dengan tanggal 4 dan tanggal 8 Mei 2017 ini, pada hari pertama sempat dipantau oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., serta Kepala Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd., diantaranya ke SMPK Penabur, MTs Syamsul Ulum, dan SMP Pelita YKH.

Adapun Mata Pelajaran yang diujikan dalam UNBK SMP dan MTs Tahun 2017 ini, yakni tanggal 2 Mei 2017 Bahasa Indonesia, tanggal 3 Mei 2017 Matematika, tanggal 4 Mei 2017 Bahasa Inggris, dan tanggal 8 Mei 2017 IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Sedangkan UNBK Susulan, yakni tanggal 22 Mei 2017 untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, serta tanggal 23 Mei 2017 untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan IPA.

Setelah selesai melakukan pemantauan pelaksanaan UNBK tersebut, Walikota Sukabumi menjelaskan, pelaksanaan UNBK SMP dan MTs hari pertama di Kota Sukabumi, pada umumnya berjalan dengan baik dan lancar, tanpa ada kendala yang signifikan, baik secara sistem maupun yang lainnya. Hal tersebut dapat terwujud, berkat adanya kebersamaan semua pihak, khususnya pemerintah, unsur pimpinan daerah dan warga masyarakat, termasuk peran media massa, baik media cetak dan elektronik maupun media online.

Namun demikian, Walikota Sukabumi menghimbau semua pihak, agar senantiasa memperhatikan pelaksanaan UNBK ini, khususnya sistem jaringan internet dan listrik. Maksud dan tujuannya, supaya pelaksanaan UNBK ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan jadual dan waktu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya pemantauan terhadap pelaksanaan UNBK ini, yakni sebagai salah satu upaya untuk memotivasi dan mendorong seluruh Pelajar SMP dan MTs di Kota Sukabumi, dalam mengikuti dan melaksanakan UNBK ini.

Selain itu, Walikota Sukabumi mengharapkan, seluruh Pelajar SMP dan MTs di Kota Sukabumi dapat lulus 100 persen, dengan meraih nilai yang memuaskan dan membanggakan semua pihak, seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Karena dengan kelulusan 100 persen, dapat menunjang terhadap kelancaran dan keberhasilan semua pihak, khususnya dalam upaya mencapai Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa; serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2013-2018, yakni Dengan Iman dan Taqwa, Mewujudkan Pemerintahan Yang Rahmatan Lil Alamin.