STMIK NUSA MANDIRI SUKABUMI MENYELENGGARAKAN KEMBALI SEMINAR WAJIB ENTREPRENEUR

Reporter : ENDANG SUMARDI

STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Nusa Mandiri Sukabumi, kembali menyelenggarakan Seminar Young Entrepreneur atau Seminar Wajib Entrepreneur, tepatnya tanggal 20 April 2017, di Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, Jalan Veteran II Nomor 20A Kota Sukabumi, dengan mengusung tema, yakni Sarjana Juga Pengusaha. Seperti dikatakan Kepala Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, Taufik Hidayatulloh, M.Kom., kegiatan semeninar ini merupakan agenda dan program kerja rutin NEC (Nusa Mandiri Enterpreneur Center).

Disamping itu juga dikatakan, kegiatan seminar ini merupakan salah satu bukti nyata kepedulian STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, khususnya Lembaga NEC, dalam rangka upaya menyiapkan calon-calon wirausaha muda yang kreatif dan inovatif, yang diharapkan mampu bersaing dalam menghadapi dunia wirausaha. Dijelaskan pula, kegiatan seminar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester dua STMIK Nusa Mandiri Sukabumi. Maksud dan tujuannya, untuk membekali ilmu enterpreneur atau kewirausahaan sejak dini, kepada seluruh mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Sukabumi. Untuk itu, dalam kegiatan seminar ini, pihak Panitia Penyelenggara menghadirkan dua orang pakar entrepreneur yang bertindak sebagai Nara Sumber, yakni Anang Pradipta dan Muammar Fauzi.

Pada kesempatan tersebut, Nara Sumber, Anang Pradipta menjelaskan, menjadi seorang pengusaha sangat beresiko, sebanding dengan resiko yang dialami oleh para pencari kerja. Tapi manfaat yang dapat dirasakan oleh pengusaha, lebih menguntungkan dari para pencari kerja, karena keuntungan yang didapatkan oleh pengusaha lebih besar dari para pencari kerja, bahkan bisa berlipat ganda dari pencari kerja. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tidak terlepas dari niat dan usaha yang dilakukan secara terus menerus oleh pengusaha. Dijelaskan pula, untuk menjadi seorang pengusaha tidak sulit, yakni sama dengan bermain game, yang berawal dari mencoba, gagal, mencoba lagi dan mencoba lagi hingga berhasil.

Kepala Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi menjelaskan, selain diselenggarakan kegiatan Seminar Wajib Entrepreneur, juga diselenggarakan bazzar wirausaha Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Sukabumi, yang menjual berbagai produk dan kreativitas, diantaranya kuliner, fashion dan sebagainya, serta acara ini berakhir pada pukul 17.30 WIB. Selain itu, Kepala Kampus STMIK Nusa Mandiri Sukabumi juga mengharapkan, dengan dilakasanakannya kegiatan Seminar Wajib Entrepreneur ini, bisa menumbuhkan dan meningkatkan jumlah kaum muda di Indonesia khususnya di Sukabumi, yang memiliki jiwa entrepreneurship, serta dapat bersaing dalam dunia wirausaha.