PROSES PENCETAKAN BLANKO E-KTP UNTUK WARGA MASYARAKAT KOTA SUKABUMI BELUM BISA DILAKSANAKAN

Reporter : ENDANG SUMARDI

Seperti dikatakan Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., didampingi Sekretaris Disdukcapil Kota Sukabumi, Ir. H. Asep Muliasutisna, M.Si., proses pencetakan sebanyak 4.000 Blanko E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) untuk warga masyarakat Kota Sukabumi, hingga saat ini belum bisa dilaksanakan. Sebab pihak Disdukcapil Kota Sukabumi masih mengalami kesulitan, terkait adanya perubahan software versi baru pencetakan e-KTP, yang hingga saat ini belum diberikan oleh Pemerintah Pusat.

Dikatakan pula, sejak beberapa waktu yang lalu, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi sudah menerima pendistribusian sebanyak 4.000 Blanko E-KTP tahap 1 dari Pemerintah Pusat, untuk warga masyarakat Kota Sukabumi. Namun untuk melakukan proses pencetakannya, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi masih menunggu software versi baru pencetakan E-KTP dari Pemerintah Pusat.

Untuk itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi meminta kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya yang sudah membuat Suket (Surat Keterangan) Pengganti E-KTP agar bersabar, karena E-KTP-nya belum bisa dicetak. Selain itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi juga meminta kepada warga masyarakat Kota Sukabumi yang sudah membuat Suket Pengganti E-KTP, namun E-KTP-nya belum bisa dicetak pada pendistribusian tahap 1, juga agar bersabar, untuk menunggu pendistribusian Blanko E-KTP tahap berikutnya dari Pemerintah Pusat.

Karena warga masyarakat Kota Sukabumi yang sudah membuat Suket Pengganti E-KTP ini, jumlahnya cukup banyak, yakni sudah mencapai 13 ribu orang lebih. Selanjutnya dikatakannya, Suket Pengganti E-KTP ini, bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan kepentingan warga masyarakat. Disamping itu juga dikatakan, Suket Pengganti E-KTP ini, berlaku selama 6 bulan, dan apabila waktunya sudah habis bisa diperpanjang kembali.

Adapun upaya untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan serta percepatan dalam melakukan proses pencetakan E-KTP ini, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi sudah memberangkatkan 2 orang operator ke Jakarta, untuk mengakuti pelatihan penggunaan aplikasi baru pencetakan e-KTP, sekaligus mendapatkan software versi baru pencetakan e-KTP dari Pemerintah Pusat. Maksud dan tujuannya, supaya dalam melakukan proses pencetakan E-KTP, khususnya di Kota Sukabumi tidak mengalami kesulitan. Dijelaskannya, apabila ke 2 orang operator Disdukcapil Kota Sukabumi ini sudah selesai mengikuti pelatihan dan sudah mendapatkan software versi baru pencetakan e-KTP dari Pemerintah Pusat, proses pencetakan E-KTP di Kota Sukabumi akan segera dilaksanakan.