INOVASI PROGRAM TOMBOL BISA POLRES SUKABUMI KOTA MASUK TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2017

Reporter : ENDANG SUMARDI

Selain Inovasi CETEK (Cukup E-KTP dan Kartu Keluarga) Pelayanan Gratis di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) AL-Mulk Kota Sukabumi bagi warga masyarakat Kota Sukabumi, sebagai salah satu inovasi Pemerintah Kota Sukabumi dalam meningkatkan pelayanan publik khususnya dalam bidang kesehatan masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2017, Inovasi Program Tombol BISA (Briliant, Inovatif, Speed, Acountable dan Panic Botton) Polres Sukabumi Kota, yang dilaunching pada tahun 2016 lalu, juga masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2017, yang ditetapkan oleh KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI. Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rustam Mansur, S.Ik. menjelaskan, Inovasi Program Tombol BISA Polres Sukabumi Kota ini, untuk merespon secara cepat laporan yang disampaikan oleh warga masyarakat, khususnya dalam menangani berbagai tindak kejahatan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Dengan masuknya Inovasi Program Tombol BISA Polres Sukabumi Kota pada Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2017 ini, Kapolres Sukabumi Kota menyatakan merasa sangat bangga dan gembira. Karena dari 20 Kementerian, 3 Lembaga, 21 Provinsi, 34 Kabupaten, 15 Kota, 2 BUMN dan 4 BUMD yang terpilih masuk Top 99, hanya 2 Polres se Indonesia, yakni Polres Sukabumi Kota mewakili Polda Jabar dan Polres Brebes mewakili Polda Jateng, serta mendapat kehormatan untuk jadi Top 40, sebagai Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2017.

Sedangkan untuk masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2017, Kapolres Sukabumi Kota sudah menyampaikan presentasi dan wawancara dengan Tim Panel Independen, di KemenPAN-RB RI. Untuk itu, Kapolres Sukabumi Kota mengharapkan, Inovasi Program Tombol BISA Polres Sukabumi Kota ini, bisa masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2017.

Kapolres Sukabumi Kota menandaskan, dengan diraihnya prestasi tersebut, merupakan salah satu bukti nyata, bahwa Polres Sukabumi Kota benar-benar dan senantiasa fokus memberikan sekaligus meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat, tidak hanya sebatas menangani berbagai tindak kejahatan saja, akan tetapi juga mengayomi warga masyarakat, khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Ditandaskan pula, Inovasi Program Tombol BISA ini, merupakan salah satu Inovasi Polres Sukabumi Kota, dalam rangka upaya memelihara sekaligus meningkatkan situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Sebab melalui Inovasi Program Tombol BISA ini, Aparat Polres Sukabumi Kota dapat segera mendatangi suatu TKP (Tempat Kejadian Perkara), sehingga situasi Kamtibmas dan Gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota dapat segera diatasi, ditangani dan ditindaklanjuti.

Kapolres Sukabumi Kota mengatakan, Tombol BISA ini merupakan sebuah benda berupa kalung, tombol meja dan smartphone android, yang dapat segera memberitahukan kepada Aparat Polres Sukabumi Kota, terhadap suatu tempat dan suatu kejadian di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Disamping itu juga dikatakan, Tombol BISA ini baru dipasang di beberapa tempat vital, seperti di bank, pusat pemberlanjaan dan beberapa tempat keramaian lainnya, di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.