DKP3 SALURKAN 300 PAKET BANTUAN PANGAN

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi pada bulan Mei 2020 memberikan bantuan pangan untuk Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP), sebagai tindak lanjut dari bantuan pangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat yang telah disalurkan pada bulan Maret 2020.

Maksud dan tujuan diberikannya bantuan Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP) Menurut Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3, Dian Sucianti,  sebagai upaya untuk menangani suatu kondisi ketidakcukupan pangan dan gizi yang dialami oleh rumah tangga. PDRP sebanyak 300 paket ini didistribusikan di 22 Kelurahan se – Kota Sukabumi.

Penanganan kerawanan pangan dibutuhkan intervensi berupa tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah bersama-sama masyarakat dalam menanggulangi kejadian rawan pangan transien maupun kronis, untuk mengatasi masyarakat yang mengalami rawan pangan sesuai dengan kebutuhannya secara tepat dan cepat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai hasil analisis Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Kota Sukabumi, dimana terdapat 2 (dua) aspek analisis dengan kategori waspada.  Kesemuanya dikhawatirkan berakibat kondisi rawan pangan.

Bantuan pangan dialokasikan bagi Keluarga yang memiliki Balita Kurang Gizi berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi sebanyak 41 paket (Aspek Pemanfaatan Pangan) dan Keluarga yang dikhawatirkan mengalami rentan pangan akibat rendahnya daya beli, tetapi belum menerima bantuan sebanyak 259 paket (Aspek Akses Pangan).

Leave a Reply