SELAMA LEBARAN IDUL FITRI VOLUME SAMPAH DI KOTA SUKABUMI MENINGKAT 2 KALI LIPAT

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Mengoptimalkan pengelolaan sampah, Dinas Lingkungan Hidup menggunakan teknologi GPS yang dipasang pada armada pengangkut sampah, agar dapat dipantau setiap saat.

Seperti dijelaskan Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Eneng Rahmi, penggunaan sistem navigasi berbasis satelit tersebut, memudahkan pemantauan armada pengangkut sampah termasuk titik – titik pengangkutan sampah, meskipun saat ini masih dalam masa work from home (bekerja dari rumah) karena pandemi covid – 19.

Dijelaskan pula bahwa prosedur pengelolaan sampah selama masa pandemi covid – 19 mengikuti protokol kesehatan. Sedangkan untuk volume sampah selama pandemi covid – 19 mengalami  kenaikan sekitar 30 persen.

Dari jumlah semula sekitar 170 ton, saat ini menjadi 227 ton per hari. Penambahan volume sampah pun terjadi pada sampah plastik, karena selama masa pandemi covid – 19, banyak pemesanan makanan dengan layanan antar dan dengan sistem take away atau makanan dibawa pulang.

Ia juga menghimbau agar masyarakat meski dalam kondisi pandemi tetap disiplin dalam membuang sampah baik disiplin waktu maupun tempat pembuangan sampah.

Leave a Reply