DKP3 GALAKKAN PANGAN B2SA

Kebutuhan beras di Kota Sukabumi per hari mencapai 176 ton. Dari kebutuhan tersebut sekitar 140 ton disediakan oleh para petani Kota Sukabumi, sedangkan sisanya mendatangkan dari berbagai daerah. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., dalam sesi talkshow Radio Swara Perintis 93.1 FM, hari Jumat, 19 Juni 2020.

Dijelaskannya meskipun pandemi covid – 19, tapi pihaknya terus berupaya untuk menjaga pangan agar tetap tersedia, termasuk dengan menggalakkan program Pangan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman), agar pola konsumsi masyarakat memperhatikan kebutuhan gizi yang dibutuhkan.

Menurut data hasil Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional), konsumsi sayuran dan buah – buahan di Kota Sukabumi masih kurang. Oleh karena itu dalam program pangan B2SA, DKP3 terus melakukan sosialisasi kepada berbagai elemen untuk meningkatkan pola konsumsi agar mendapatkan gizi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Dijelaskan pula untuk keragaman pangan, DKP3 Kota Sukabumi dengan berbagai KWT (Kelompok Wanita Tani) binaannya membudidayakan berbagai tanaman pangan seperti Sorgum. Menurut Kepala DKP3, dalam waktu dekat budidaya tanaman pangan lainnya akan diperkenalkan yakni budidaya tanaman Kelor yang dibudidayakan oleh KWT Durian Kelurahan Subang Jaya Kecamatan Cikole.

Leave a Reply