Disdukcapil Cetak Adminduk Pada Format Baru

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, sejak 1 Juli 2020 sudah mulai mencetak dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil  dalam kertas HVS ukuran A4 80 gram berwana putih, disertai tandatangan elektronik berupa QR code, sesuai Permendagri nomor 109 tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang Digunakan Dalam Administrasi Kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Hj. Kardina Karsoedi, menjelaskan bahwa selain format baru tersebut, kedepannya softcopy atau file digital dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil akan dikirim juga melalui email sehingga bisa dilakukan pencetakan sendiri oleh masyarakat.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, sosialisasi perubahan format pencetakan tersebut akan terus dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memahami mengenai perubahan format tersebut sesuai dengan peraturan yang ada.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat supaya semua dokumen administrasi kependudukan tidak perlu dilaminating. Jika ada kerusakan dokumen, ia menyarankan segera dilakukan penggantian di Kantos Disdukcapil Kota Sukabumi.

Leave a Reply