KPA PERKUAT SOSIALISASI DALAM PENANGGULANGAN HIV – AIDS

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Sukabumi, menyambut baik rencana penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar disekolah, karena dengan begitu, dapat kembali mensosialisasikan penanggulangan HIV – AIDS secara langsung kepada para peserta didik.  Hal tersebut terungkap dalam talkshow KPA Kota Sukabumi di Radio Swara Perintis 93.1 FM pada hari Kamis lalu.

Sekretaris KPA Kota Sukabumi, Ir.H. Fifi Kusumajaya, mengungkapkan sosialisasi perlu terus diperkuat, karena berdasarkan hasil penelusuran KPA Kota Sukabumi, terjadi penambahan 52 kasus baru HIV-AIDS di Kota Sukabumi pada periode Januari – April 2020. Dari jumlah tersebut, 73,1 % berasal dari kelompok usia 25 – 49 tahun dan 13, 5 % berasal dari kelompok usia 20 – 24 tahun.

KPA yang memiliki fungsi koordinasi dalam penanggulangan HIV-AIDS juga telah menyusun beberapa rencana kegiatan selama masa pandemi covid – 19 diantaranya, rencana merilis media sosialisasi digital jika sosialisasi secara langsung belum dapat dilaksanakan, lalu menggelar VCT massal bersama Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dan Perhimpunan Konselor VCT HIV Indonesia. Kemudian memberikan pelayanan pengambilan obat ARV dimasa pandemi covid – 19.

Dijelaskan pula, fungsi sosialisasi bukan hanya memberikan pemahaman bahaya HIV-AIDS, namun juga untuk menghilangkan stigma negatif kepada Orang Dengan HIV –AIDS.

Leave a Reply