Sekolah Tidak Diwajibkan Lakukan KBM Di Sekolah

kadis P & K, Nicke Siti Rahayu

Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Sukabumi, Hj. Nicke Siti Rahayu, menandaskan  sekolah tidak diwajibkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah pada tahun ajaran baru. Penandasan tersebut disampaikan pada ketika meninjau persiapan KBM SMP Negeri 6 Kota Sukabumi pada hari Senin, 13 Juli 2020.

Dijelaskannya untuk kembali menyelenggarakan KBM disekolah, ada beberapa prosedur yang harus ditempuh dengan prinsip mengutamakan kesehatan warga sekolah dan keluarga.  Ditambahkannya jika prosedur tersebut sudah dapat dipenuhi oleh pihak sekolah, maka dapat mengajukan pelaksanaan KBM disekolah kepada instansi terkait. Langkah selanjutnya, akan dilakukan verifikasi dan seandainya lolos verifikasi, pengajuan akan diteruskan kepada gugus tugas percepatan penanggulangan covid – 19,  untuk dilakukan verifikasi ulang yang akan menentukan bisa tidaknya KBM dilaksanakan disekolah.

Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan juga menegaskan  dalam pelaksanaan KBM disekolah, memerlukan izin orang tua murid. Dijelaskannya, orangtua berhak menentukan apakah pembelajaran bagi anaknya dilakukan tatap muka atau tetap belajar dari rumah secara online.

Dijelaskan pula, pelaksanaan KBM disekolah nantinya akan terus dievaluasi  dan jika ditemukan ketidaksesuaian maka sekolah dapat ditutup kembali.

Leave a Reply