SATPOL PP KOTA SUKABUMI AKAN MENJARING SETIAP PELAJAR YANG BERKELIARAN PADA JAM BELAJAR

Reporter : ENDANG SUMARDI

Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, akan menjaring setiap pelajar yang berkeliaran pada jam belajar di Kota Sukabumi, sekaligus memberi pengarahan kepada para pelajar tersebut, serta tidak akan diperbolehkan pulang sebelum dijemput oleh orang tua atau gurunya masing-masing. Adapun maksud dan tujuannya, menurut Kepala Dinas Pol PP (Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, Yadi Mulyadi, S.STP., M.Si., sebagai salah satu upaya, untuk mengantisipasi dan berbagai hal dan perilaku negatif yang dilakukan oleh para pelajar, sebagai generasi penerus pejuang dan calon pemimpin bangsa.

Untuk itu, para pelajar di Kota Sukabumi, harus diarahkan terhadap hal-hal yang baik dan positif, supaya memiliki moral dan tabiat yang baik dan positif, serta terbebas dari berbagai perbuatan dan perilaku yang negatif, seperti tawuran antar pelajar, narkoba dan pergaulan bebas. Karena berbagai perbuatan dan perilaku yang negatif tersebut tidak bisa ditolerir, sebab melanggar dan mengganggu ketertiban umum, serta keamanan dan kenyamanan warga masyarakat. Selain itu, tawuran antar pelajar ini, sering memakan korban jiwa, sehingga para pelakunya harus berurusan dengan pihak yang berwajib.

Dijelaskannya, kegiatan menjaring setiap pelajar yang berkeliaran pada jam belajar di Kota Sukabumi ini, akan dilaksanakan setiap hari, sebagai bentuk kepedulian Satpol PP Kota Sukabumi, terhadap dunia pendidikan di Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, apabila jajarannya berhasil menjaring para pelajar yang membawa Sajam (Senjata Tajam) dan narkoba, akan langsung diserahkan kepada pihak kepolisian, untuk ditangani dan diproses, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sebab hal tersebut sudah masuk tindak pidana. Karena tugas Satpol PP, hanya menjaga ketertiban umum saja.

Untuk mengantisipasi dan mejaga terjadinya hal tersebut, Kepala Dinas Pol PP Kota Sukabumi, menghimbau kepada seluruh pihak sekolah di Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal mengawasi dan mencegah para pelajarnya, supaya tidak berkeliaran pada jam belajar. Karena Satpol PP Kota Sukabumi, tidak akan segan-segan menjaring setiap pelajar yang berkeliaran pada jam belajar di Kota Sukabumi. Hal tersebut dilakukan, untuk menjaga dan meningkatkan suasana kondusif wilayah Kota Sukabumi, sesuai dengan Moto Juang Kota Sukabumi, yakni Reugreug Pageuh Repeh Rapih, atau Tangguh, Kukuh, Aman, Tenteram, Damai dan Bersatu.