DINAS SOSIAL BENTUK KOLABORASI LINTAS SEKTOR UNTUK MENANGANI PPKS & PMKS

Dinas Sosial Kota Sukabumi melakukan kolaborasi lintas sektor dalam penanganan PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) di wilayah Kota Sukabumi. Kolaborasi tersebut  dibentuk diantaranya melalui roadshow Dinas Sosial ke 7 Kecamatan yang diawali pada hari Rabu, 16 September 2020, di Kecamatan Cikole.

Plt. Kepala Dinas Sosial, Ir. H. Cecep Mansyur, M.M.,  menjelaskan bahwa penanganan PPKS bukan menjadi tugas Pemerintah saja, tetapi merupakan tugas semua pihak. dijelaskannya, diperlukan sinergitas antara Pemerintah serta masyarakat, untuk memecahkan permasalahan yang dimiliki PPKS diantaranya masalah pemenuhan pelayanan sosial dasar seperti kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan dasar lainnya.

Roadshow Dinas Sosial ke 7 Kecamatan dimanfaatkan pula untuk mensosialisasikan berbagai program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial. Selain itu dilakukan pula sosialisasi tentang SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu) yang merupakan sistem layanan untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan. Melalui SLRT kebutuhan masyarakat miskin dan rentan tersebut, akan dihubungkan dengan program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Leave a Reply