TP – PKK Gelar Sosialisasi Ketahanan Keluarga Dalam Undang – undang Pernikahan

Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Fitri Hayati Fahmi, membuka kegiatan Sosialisasi Ketahanan Keluarga dalam Undang-Undang Pernikahan yang diselenggarakan Pokja I PKK, hari Rabu, 16 September 2020 di ruang pertemuan PKK Kota Sukabumi. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang utusan majelis taklim dari 33 kelurahan dan 7 kecamatan se-Kota Sukabumi, dengan menghadirkan nara sumber Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, Asep Hidayat, dan moderator Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Eva Rahmatillah.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kota Sukabumi menjelaskan, sosialisasi ini ditujukan khusus kepada para penggiat majelis taklim karena fungsi mereka sebagai penyeru kebaikan. Ada tiga fungsi PKK yang selaras dengan fungsi majelis taklim. Pertama, sebagai penyuluh, para penggiat majelis taklim adalah sebagai penyeru kebaikan di tengah masyarakat. Fungsi yang kedua, sebagai penggerak. Penggiat Majelis taklim adalah sebagai penggerak masyarakat dalam menyuarakan kebaikan. Ibu-ibu di majelis taklim umumnya menjadi penggerak kegiatan-kegiatan di masyarakat. Oleh karena itu, para penggiat majelis taklim ini diharapkan menjadi rujukan masyarakat dalam gerakan ketahanan keluarga yang menjadi program pemerintah.

Sosialisasi ini dikhususkan bagi para penggiat majelis taklim dikarenakan biasanya majelis taklim selalu penuh oleh para ibu yang dimasa pandemi covid – 19, diharapkan mampu memegang peranan penting dalam ketahanan keluarga. Hal tersebut diperlukan karena pandemi covid – 19, menurut berbagai informasi yang ada, juga menimbulkan dampak masalah pada keluarga.

Pada bagian lain sambutannya, Ketua TP PKK juga mengingatkan para penggiat majelis taklim untuk mengingatkan jamaahnya selalu menaati protokol kesehatan pada saat pengajian di majelis taklim dengan menerapkan 3 M, yakni Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak, kemudian menerapkan 3 J, yakni Jaga wilayah, Jaga iman dan imun serta Jaga keluarga dengan memperkuat ketahanan keluarganya masing-masing.

Leave a Reply