Penanggulangan Covid – 19 : Pemkot Siapkan Anggaran Vaksin dan Laboratorium

Dalam pencegahan penyebaran covid – 19, sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat, saat ini Pemerintah Kota Sukabumi telah menyiapkan anggaran untuk pengadaan vaksin covid – 19 tahun depan. Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota, H. Achmad Fahmi, seusai Rakor Penguatan Warga Peduli Aids, 27 Oktober 2020 yang lalu.

Dijelaskan pula, vaksin tersebut akan diberikan kepada 80 % penduduk Kota Sukabumi, sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan teknis yang diterbitkan oleh Pemerintah Pusat.

Pemerintah Pusat pada pertengahan bulan Oktober, tengah menyusun rencana pemberian vaksin. Dalam rencana tersebut, ada lima kelompok sasaran yang akan mendapatkan vaksin diantaranya kelompok pertama yaitu tenaga medis, TNI/Polri, aparat hukum dan pelayanan publik. Kelompok selanjutnya adalah masyarakat, tokoh agama, dan perangkat daerah seperti kecamatan, aparat desa dan ketua RT serta RW. Kemudian kelompok lainnya adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

SIAPKAN LABORATORIUM PEMERIKSAAN

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid – 19, dr. Wahyu Handriana, dalam talkshow Radio Swara Perintis 93.1 FM beberapa waktu lalu, menyampaikan bahwa saat ini tengah dibangun laboratorium untuk pemeriksaan sampel covid – 19. Keberadaan laboratorium sangat diperlukan untuk semakin mempercepat penanggulangan covid – 19.

Saat ini, sampel tes swab  dari Kota Sukabumi dikirim ke laboratorium Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sehingga untuk hasil tes swab baru dapat diketahui maksimal 7 hari. Dengan adanya laboratorium yang dikelola Satgas Percepatan Penanganan Covid – 19, hasil tes swab dapat diketahui dengan cepat.

Menurut dr.Wahyu, perlengkapan dan sumber daya manusia untuk laboratorium telah siap, namun masih ada persyaratan lainnya yang harus dipenuhi.

Leave a Reply