Perda SPBE Perkuat Upaya Mewujudkan Target RPJPD dan RPJMD

Kepala Bidang Infrastruktur TIK, Persandian dan Integrasi Data Dinas Komunikasi dan Informatika, Yuli Noviawan, mengatakan Peraturan Daerah Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) akan semakin menguatkan upaya dalam pencapaian target  penerapan Pemerintahan Berbasis Elektronik yang telah tercantum dalam RPJPD dan RPJMD Kota Sukabumi.

Seperti dijelaskan, Peraturan Daerah SPBE mencakup berbagai hal sesuai dengan indikator SPBE yang ditetapkan oleh Kemenpan – RB, diantaranya mengenai data centre atau pusat data, integrasi data dan penyelenggaraan jaringan.

Keberadaan Perda ini juga akan semakin mengoptimalkan penerapan SPBE yang telah berjalan sebelumnya. Untuk sementara, indeks penerapan SPBE berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan – RB berada pada angka 2,48, lebih tinggi daripada rata – rata indeks Pemerintah Daerah lainnya yang berkisar pada angka 1,7.

Kepala Bidang Infrastruktur TIK, Persandian dan Integrasi Data Dinas Komunikasi dan Informatika, menambahkan bahwa setelah diterbitkannya Perda SPBE, akan diterbitkan juga peraturan turunan dari Perda tersebut.

Leave a Reply