Wali Kota Targetkan Pencapaian UHC Meningkat

BPJS Kesehatan melaksanakan pendistribusian kartu KIS dan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pada hari Rabu, 18 November 2020, di Hotel Horison Kota Sukabumi. kegiatan tersebut diikuti pula secara  virtual oleh para peserta yang hadir di 5 lokasi lainnya di Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, dalam sambutannya menandaskan bahwa program JKN ini merupakan program strategis dari Pemerintah Pusat untuk masyarakat. Oleh karena itu semua pihak harus mensukseskan program tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga menjelaskan pencapaian Universal Health Coverage (UHC) sebanyak 319.411 jiwa atau sekitar 91,17 %. Pencapaian ini menurun jika dibandingkan dengan tahun 2019 yang mencapai persentase 95,76 %. Untuk itu, Wali Kota mengharapkan adanya penguatan kolaborasi antara Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disdukcapil dengan BPJS Kesehatan, agar masyarakat Kota Sukabumi mendapat pelayanan kesehatan melalui program JKN. Selain itu, bila masih ada warga yang belum terlayani dalam program JKN, maka dapat dilayani menggunakan APBD Kota Sukabumi.

BPJS Kesehatan menerangkan bahwa pada tahun 2020, terjadi penambahan peserta BPJS Kesehatan sebanyak 615 peserta. Diterangkan pula bahwa penduduk Kota Sukabumi yang telah terdaftar dari DTKS sebanyak 25.907 jiwa.

Leave a Reply